Membuat Rencana SEO

Sia-sia saja punya informasi tapi tidak punya pengetahuan dan keinginan untuk menggunakannya secara efektif. Anda sedang membaca salah satu artikel Panduan SEO, jadi saya anggap anda punya keinginan untuk memanfaatkan ilmu SEO.

Setelah punya keinginan, anda harus punya rencana. Dalam ilmu manajemen, rencana terbaik adalah rencana yang fleksibel, tapi mengandung detail yang cukup untuk memandu anda dan memungkinkan anda untuk memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Artikel ini akan memperkenalkan 4 fase dalam perencanaan SEO. Lanjutkan membaca “Membuat Rencana SEO”

Google Real Time – Perlukah Optimalisasi?

Bulan Desember kemarin Google mulai menampilkan hasil pencarian real-time pada SERP-nya.

Kotak hasil pencarian real-time ini ditampilkan untuk kata kunci yang sedang dibahas di situs-situs jejaring sosial. Untuk membentuk hasil pencarian ini Google bermitra dengan Facebook, Myspace, FriendFeed, Jaiku, Identi.ca dan tentu saja Twitter.

Bagaimana cara tampil di Google Real-time?

Lanjutkan membaca “Google Real Time – Perlukah Optimalisasi?”

SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan Bag.2

Masih tentang faktor penilaian mesin pencari berdasarkan tautan (link-based ranking factors) menyambung artikel sebelumnya.

Relevansi halaman yang menaut

Relevansi halaman yang menaut dinilai berdasarkan:

  • Konten dari halaman tersebut
  • Link profile halaman yang menaut (untuk menentukan topik kunci halaman tersebut).

Tautan dari halaman-halaman yang terkait lebih bernilai daripada halaman-halaman off-topic (misal halaman tentang wedding menaut ke halaman tentang cat food. Lanjutkan membaca “SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan Bag.2”

SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan

Link based analysis membentuk inti algoritma penilaian oleh mesin pencari, bahkan site based factorsyang dijelaskan sebelumnya memperhitungkan tautan/link pada satu atau beberapa bagian.

Nah, saya tidak ingin terobsesi dengan urusan link, tapi tetap harus dijelaskan sepenting apa link-based factors ini terhadap posisi situs anda di mesin pencari.

Jadi bagaimana cara membangun tautan (link building) yang tepat? Silakan lahap artikel 2 bagian ini sampai habis. Lanjutkan membaca “SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan”

SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Reputasi Situs

Selain faktor pemeringkatan on-page dan link based (link based ranking factors – akan dibahas dalam artikel selanjutnya), ada sejumlah faktor yang diperhitungkan untuk menilai domain (website) itu secara menyeluruh (bukan halaman secara individu – web page). Memang faktor domain/situs ini kemudian mempengaruhi lagi halaman web. Sebelum diteruskan, harap pahami dulu perbedaan website dan web page. Lanjutkan membaca “SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Reputasi Situs”

Faktor Pemeringkatan On-Page – Bag. 2

Pada artikel sebelumnya kita membahas 3 faktor pemeringkatan onpage dalam konteks SEO; Tag Title, Penggunaan Keyword, dan Struktur URL. Pada bagian ini kita lanjutkan tentang Tag Meta Description dan Duplicate Content.

Tag Meta Description

Tag Meta Description kecil pengaruhnya terhadap ranking di mesin pencari. Loh… terus kenapa dibahas? Ya, karena meta description ini sangat penting dalam menghasilkan deskripsi halaman pada SERP. Di artikel sebelumnya dijelaskan bahwa tag Title harus ditulis dengan mengacu pada branding value dan mampu menarik minat pengguna mesin pencari untuk meng-klik judul tersebut, meta description juga harus menghasilkan nilai dan daya tarik yang sama. Lanjutkan membaca “Faktor Pemeringkatan On-Page – Bag. 2”

Faktor Pemeringkatan On-Page

Berikut ini adalah item-item on-page (elemen-elemen halaman web) yang mempengaruhi posisi halaman tersebut pada SERP.

Tag Title

Pada kode HTML anda akan melihat tag Title sebagai <title>, tag ini tampil pada bagian atas jendela peramban dan muncul juga di SERP sebagai judul halaman web. Tag Title ini menunjukkan pada mesin pencari dan user tentang konten halaman tersebut, jadi penting untuk:

  • Membuat kata kunci (keyword) utama halaman web tercantum pada tag Title
  • Membuat judul halaman menarik untuk di-klik
  • Membuat tag Title se-unik dan sejelas mungkin untuk setiap halaman

Upaya yang dikeluarkan untuk ‘mengasah’ judul halaman ini sepadan dengan hasilnya, dan waktu yang diperlukan untuk ‘membetulkan’ juga tidak lama. Tag title adalah elemen SEO penting pada semua mesin pencari utama. Apa yang anda lakukan pada Title mempengaruhi posisi di mesin pencari. Lanjutkan membaca “Faktor Pemeringkatan On-Page”

Google Pagerank Masih Penting

Belakangan ini berkembang pandangan bahwa PageRank (PR) sudah tidak penting, tapi kalau saya amati pernyataan tersebut seringkali terlalu didramatisir dan mencerminkan persepsi terbatas (mungkin juga disebabkan frustasi karena periode pembaruan nilai PageRank yang terlalu lama, sehingga efeknya sulit diamati).

Google PageRank masih penting. Pernyataan ini bukan karena alasan komersil penggunaan PageRank untuk patokan harga dalam aktivitas jual beli tautan, namun karena kenyataannya Google juga masih menggunakan PageRank dalam proses crawling, indexing, dan ranking-nya. Lanjutkan membaca “Google Pagerank Masih Penting”

Google Sandbox – Indikator Kualitas Berbasis Waktu

Terlepas dari percaya bahwa ‘Google Sandbox‘ ini eksis atau tidak, tetap harus diingat bahwa Google menetapkan kualitas (sebuah situs/website atau halaman web/webpage) menggunakan sejumlah indikator berbasis waktu.

Indikator ini berhubungan dengan profil dan usia tautan (link age), profil dan usia situs itu sendiri (site age/domain age) dan juga faktor-faktor lainnya. Faktanya tidak ada ‘orang luar’ yang bisa tahu (atau ‘sok tahu’) dengan tepat faktor apa saja yang Google pakai atau bagaimana cara Google menggunakannya. Lanjutkan membaca “Google Sandbox – Indikator Kualitas Berbasis Waktu”