8 Cara Menampilkan Halaman Terpenting (Untuk SE)

checkmark-forbiddenBerikut ini cara-cara untuk menampilkan halaman web terbaik anda di search engine (SE) dan sekaligus menyembunyikan/menghilangkan halaman yang tidak diperlukan/diinginkan.

Tergantung pada bagaimana struktur link situs anda, suatu halaman biasanya mendapat ranking lebih tinggi daripada yang lainnya. Delapan cara ini berguna untuk menunjukkan halaman-halaman terpenting dari situs anda kepada mesin pencari:

1. Buat halaman-halaman tersebut mudah ditemukan

Pastikan halaman-halaman penting dari situs anda dapat diakses dengan klik sesedikit mungkin dari halaman depan (homepage). Semakin sedikit “langkah” yang dibutuhkan untuk mencapainya, semakin penting halaman tersebut. Untuk situs dengan jenis blog yang sering di-update, biasanya semakin tua sebuah artikel/halaman semakin jauh langkahnya dari halaman muka.

2. Tautkan sebuah halaman dengan halaman lainnya

Cara termudah mendapat “related link” untuk sebuah halaman web adalah dengan menautnya dari situs/halaman web anda sendiri. Buat tautan ke halaman penting tersebut dari semua halaman di situs web anda yang terkait materinya dengan halaman tersebut. Untuk WordPress anda bisa menggunakan plugin Yet Another Related Post.

3. Gunakan kata kunci yang tepat pada link navigasi

Kalau anda ingin halaman tertentu pada situs anda tercantum pada halaman pertama SERP Google untuk keyword “red widgets”, maka tautan ke halaman tersebut dari halaman lain situs anda harus mengandung kata “red widgets”. Cantumkan kata kunci pada anchor text dan sebaiknya URL halaman tersebut mengandung keyword yang dimaksud.

Perhatikan, cara ini tidak menjamin bahwa halaman tersebut akan tercantum pada SERP untuk kata kunci dimaksud, tergantung kompetisinya, namun yang pasti relevansi halaman tersebut akan meningkat untuk keyword yang diinginkan.

4. Gunakan absolute link

Alih-alih menggunakan mypage.htm pada konten/artikel, cantumkan URL lengkap www.mysitex.com/mypage.htm. Bayangkan kalau ada orang yang meng-copas konten anda untuk situsnya (legal ataupun tidak), maka setidaknya anda mendapat backlink yang benar.

5. Gunakan atribut nofollow

Tambahkan atribut nofollow untuk semua tautan yang dianggap tidak penting untuk tercantum di mesin pencari. Seperti halaman privacy policy atau terms and conditions.

6. Hapus tautan yang tidak diperlukan

Semakin sedikit tautan pada sebuah halaman, semakin penting nilainya tautan yang ada pada halaman tersebut. Hapus tautan-tautan “tidak penting” yang ada di halaman web anda, apalagi link yang menaut ke situs/halaman bersifat spam.

7. Hapus halaman-halaman duplikat dan irelevan dari indeks

Gunakan file robots.txt atau meta tag robots untuk mengecualikan halaman-halaman duplikat atau tidak relevan dari sistem indexing mesin pencari. Kalau search engine tidak harus melirik halaman yang tidak penting maka halaman lain akan lebih diperhatikan.

8. Hidupkan atau matikan halaman-halaman yang hilang

Periksa situs anda kalau ada tautan yang menghasilkan galat 404 not found, lalu arahkan ulang (redirect) tautan mati tersebut ke halaman lain yang relevan pada situs anda, atau hapus saja sekalian. Anda bisa mengeceknya secara otomatis, cepat dan gratis dengan tool favorit saya: Xenu’s Link Sleuth.

Link optimization dipastikan bisa meningkatkan posisi/ranking situs anda di mesin pencari. Jangan lupa optimalkan pula konten halaman-halaman web anda agar Google dan search engine lain mencantumkan situs/halaman web anda untuk kata kunci yang tepat.

Tinggalkan Balasan