Alat Bantu Riset Kata Kunci

Ada beberapa alat bantu riset kata kunci (keyword research tools) baik gratis maupun berbayar yang tersedia di internet untuk membantu anda mengembangkan daftar kata kunci sekaligus memperoleh data pencarian tentang kata-kata kunci tersebut.

Anda bisa menggunakan tools ini sebagai tambahan (atau bahkan menggantikan) proses keyword research yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Idealnya anda kombinasikan kedua teknik riset kata kunci ini; alat bantu riset sebagai pembangkit ide untuk mendapat gambaran umum, kemudian teknik keyword research manual untuk kustomisasi daftar keyword yang lebih cocok dengan target audience anda.

Masing-masing tools ini menggunakan base keyword untuk membangkitkan daftar frase terkait berdasarkan basis data internal masing-masing. Semua tools yang akan saya paparkan memberi peringkat pada kata-kata kunci berdasarkan perkiraan popularitas pencarian (jumlah pencarian yang menggunakan suatu kata kunci dalam periode waktu tertentu). Metode tepatnya bisa berbeda pada masing-masing tools.

Bagaimana cara menggunakannya? Tinggal buka program/situsnya, masukkan base keyword, kemudian masukkan satu atau beberapa variabel tambahan dan muncullah hasilnya. Beberapa software keyword research menyediakan opsi ekspor, dimana anda bisa menampung hasilnya pada file teks atau Excel (.csv). Kalau tidak bisa, tinggal copy-paste.

Untuk mengembangkan list lebih luas, anda tinggal memilih keyword yang bersifat “top category” pada list yang dihasilkan. Ini berupa sub-topik yang bisa langsung anda kenali hanya dengan melihat sekilas.

Misalnya, kalau base keyword anda adalah “home theater system” maka sub-topik anda adalah “home theater audio“, “home theater speakers, “home theater design“, dll. Menggali sub-topik lebih dalam, dan membuat daftar kata kunci yang terarah/fokus di sekitar sub-topik ini sangat berguna kalau anda ingin meliput semua kemungkinan preferensi pencarian yang dilakukan audien topik atau situs anda.

Sementara segini dulu, keyword research tools yang akan saya bahas dalam artikel-artikel berikutnya adalah Google Adwords Keyword Tool, Google Suggest, WordTracker, Keyword Discovery, Digital Point Keyword Suggestion Tool, Keyword Elite, dan Market Samurai. Sebagian alat bantu ini berupa software/program yang terpasang pada komputer pengguna, sebagian lagi berupa script atau tool yang di-host oleh situs tertentu, dan sebagian memang berbayar.

Kalau ada tools riset kata kunci  lainnya yang pernah anda gunakan dan ingin berbagi, silakan tambahkan pada kolom komentar.

Tinggalkan Balasan