Apakah Situs Web Anda Termasuk Spam?

“Apa yang dimaksud webspam? Apa itu black/white hat SEO? Bagaimana mesin pencari mendeteksi web spam? Kenapa ethical SEOGrey hat SEO?”

Bing merilis artikel pada blognya tentang web spam. Menurut definisi Bing, web spam adalah

unwanted web content that uses overtly manipulative techniques in an effort to fraudulently attain undeservingly high ranking in search engines.

Kenapa web spam jadi masalah?

Saya yakin anda sudah tahu jawabannya. Yaitu karena mesin pencari ingin menampilkan situs-situs yang relevan pada halaman SERP mereka untuk memuaskan penggunanya. Kalau halaman web spam ditampilkan pada SERP, maka pencari akan kecewa karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan apa yang dicari.

Bagaimana Bing mengklasifikasi web spam?

Bing menyaring spam berdasarkan dua jenis sinyal: page-level dan link-level.

  1. Page-level spam adalah teknik-teknik SEO curang (atau dikenal sebagai black hat SEO) pada sisi on-page. Teknik spam on-page ini antara lain hidden textkeyword stuffingdoorway pages dan cloaking.
  2. Link-level spam adalah teknik-teknik linking strategy curang (off-page). Misalnya seperti menggunakan jaringan pertukaran link otomatis, atau dengan men-setup banyak domain dengan halaman-halaman yang dibuat secara otomatis dan saling menautkan satu domain dengan yang lainnya.

Kalau salah satu teknik spamming ditemukan oleh Bing pada salah satu sinyal saja maka halaman terkait akan ditandai sebagai spam.

Apakah halaman web spam diberi hukuman?

Para insinyur Bing sedang gencar mengembangkan teknik untuk mendeteksi webspam, dan memang penalti akan diberikan kalau halaman webspam ini ditemukan.

We penalize those sites with actions commensurate with the egregiousness of their offenses, ranging from rank neutralization (intentionally lowering their organic page rank) to permanent expulsion from the index.

Meskipun pernyataan ini dikeluarkan oleh Bing, saya pikir tidak ada bedanya dengan Google. Bahkan Google kelihatannya lebih ketat lagi soal web spam ini. Kalau anda tidak mau ambil resiko dengan ranking situs anda di mesin pencari, maka pilihan anda adalah menggunakan metode-metode SEO yang etis (white hat SEO).

Penggunaan teknik black hat memungkinkan anda mendapat posisi tinggi di mesin pencari dalam waktu singkat. Tapi percayalah, bahwa mesin pencari akan menemukan kecurangan tersebut cepat atau lambat, dan resikonya situs anda akan dihapus sepenuhnya dari indeks pencarian.

Di sisi lain, ethical SEO butuh waktu lebih lama untuk mencapai posisi tinggi di mesin pencari. Namun pertumbuhannya akan lebih stabil dan hasil jangka panjangnyapun jauh lebih baik. Penggunaan black hat SEO akan balik menusuk anda.

Q: Omong-omong, spam itu apa mas?
A: Yang pasti bukan merek kornet, coba klik arti spam disini.

Tinggalkan Balasan