(Bukan Cuma) Riset Keyword dengan Market Samurai

market-samurai-menuAlat bantu riset keyword (keyword research) favorit saya adalah Market Samurai(MS), sudah cukup lama saya menggunakan alat bantu yang satu ini. Hampir sejak pertama dirilis. Tujuan utama Market Samurai adalah upayanya dalam men-streamline-kan proses kerja internet marketer.

Dengan tool ini bila anda berkutat dengan SEO dan niche marketing maka cukup dengan menggunakan satu software saja. Tidak usah lagi membuka banyak windowdan program lainnya untuk proses (1) keyword research, (2) analisis kompetisi, (3) menemukan konten dan (4) tracking/monitoring.

Memang masih banyak fitur lain yang didukung aplikasi luar biasa ini. Namun proses dasar SEO adalah empat langkah tersebut, dan semuanya ter-cover oleh Market Samurai ini dengan baik.

Sebelum menggunakan MS, untuk keyword research saya biasa menggunakan Google Adwords Keyword Tool.

Untuk Analisa persaingan membandingkan berbagai situs yang muncul pada top 10 SERP dan mencatat berbagai metrik pada sheet Excel.

Kemudian untuk menemukan ide konten, googling dan browsing kesana kemari dengan membuka beberapa jendela peramban, belum lagi untuk mengecek PageRank dan backlink/popularitas serta duplikasi konten tersebut dengan tool atau membuka berbagai situs lainnya seperti CheckPageRankCopyScape, dan Yahoo Site Explorer.

Terakhir untuk monitoring dan tracking dengan memantau posisi halaman teroptimasi pada SERP mesin-mesin pencari dan mencatatnya pada sheet Excel secara mingguan.

Sungguh menyita tenaga dan waktu, serta perlu disiplin kerja yang teratur.

Software yang nyaris tanpa cela, namun Market Samurai bukan tanpa kelemahan, kekurangan utama adalah penggunaan database keyword Google dan tidak ada sumber lain (tentu, karena sumber data keyword gratis dan terbesar saat ini masih Keyword Tool dari Google). Sehingga kurangnya variasi data, namun saya kira ini bukan masalah sama sekali. Kemudian ada satu proses SEO yang kurang ter-coverdengan baik, yaitu proses link building. Padahal optimasi yang satu ini sangat penting dalam teknik SEO modern.

Kemudian platform yang digunakan adalah Adobe Air, kelebihannya berarti Market Samurai bisa dijalankan di mesin Mac atau Linux selain pada PC berbasis Windows, kekurangannya MS sering terasa lambat, terutama bila dilakukan riset intensif dengan membuka banyak tab.

Kelebihan utamanya adalah aliran kerja yang praktis pada satu aplikasi dan training gratis di blog-nya dengan video tutorial yang lengkap dan jelas tanpa harus menjadi anggota. Kemudian update yang rutin. Dan terpenting adalah support team-nya yang responsif dan memuaskan.

Sangat worth the pricefree alias gratis selamanya (untuk modul Keyword Research dan Rank Tracker). Oh ya, kalau anda memutuskan untuk membeli versi berbayarnya, Noble Samurai mengharuskan anda membayar hanya sekali dan pemakaian selamanya. Tidak seperti keyword research tool lain seperti Wordtracker yang berbasis pembayaran bulanan.

Jadi kalau anda serius soal SEO dan niche marketing, coba saja dulu Market Samurai.

Tinggalkan Balasan