Evaluasi Kata Kunci

Setelah anda memiliki daftar kata kunci yang terkait dengan niche dan kebiasaan pencarian audien, langkah selanjutnya adalah menemukan kata kunci mana saja yang paling bernilai dari daftar tersebut.

Tidak ada cara yang benar-benar pasti untuk mengevaluasi nilai suatu kata kunci, meski demikian metode/kriteria yang dipaparkan berikut ini bisa digunakan untuk niche atau audien manapun, sekaligus memberi ruang untuk kustomisasi seandainya ada faktor-faktor pembatas lain yang tidak disebutkan di sini.

Ada 3 faktor utama yang bisa digunakan untuk menilai kata kunci:

  • Kompetisi
    Jumlah halaman web (bukan cuma situs web) yang harus “dihadapi” untuk kata kunci tertentu, termasuk kekuatan halaman-halaman web utama pada niche ini
  • Permintaan
    Estimasi jumlah pencarian untuk kata kunci tersebut

Memperkirakan Persaingan

Catatan: saya hanya akan menggunakan hasil dari Google

Ada beberapa tolok ukur yang bisa digunakan untuk menilai tingkat persaingan sebuah kata kunci. Pada dasarnya anda melihat pada berapa banyak halaman web dimana situs atau halaman web anda akan bersaing untuk kata kunci tersebut.

Angka tersebut bisa didapat dengan mudah dari Google – misal, untuk kata kunci “wordpress theme designer”, kalau kita melakukan pencarian dengan kata kunci ini di Google, dapat kita lihat ada sekian ratus juta hasil (halaman web) untuk frase kata kunci tersebut – jumlah yang amat sangat banyak.

google-search-competition
Estimasi jumlah halaman web untuk kata kunci “wordpress theme designer” di Google. Perhatikan tanda yang digaris bawahi.

Meski begitu ada satu hal yang perlu diperhatikan tentang mesin pencari; seringkali halaman web yang tidak dioptimasi untuk sebuah kata kunci juga bisa disertakan pada hasil pencarian karena halaman tersebut dianggap masuk kualifikasi atas beberapa kriteria penilaian.

Cara untuk mempersempit pencarian dan menemukan persaingan yang sesungguhnya adalah dengan menggunakan perintah-perintah yang berlaku di Google sebagai berikut:

allintitle: – ini adalah parameter pencarian untuk menampilkan hanya halaman-halaman yang mengandung semua kata kunci sasaran pada tag title. Parameter pencarian ini menghasilkan hasil yang fokus, tapi bisa menghilangkan beberapa halaman dengan ranking tinggi kalau anda menggunakan long tail keyword yang terdiri atas lebih dari 3 kata.

intitle: – parameter pencarian ini hanya menampilkan halaman-halaman yang mengandung satu atau lebih kata dari kata kunci sasaran pada tag title. Menghasilkan gambaran yang lebih luas, dan bisa digunakan sebagai indikator persaingan yang lebih umum.

inanchor: – parameter ini hanya menampilkan halaman-halaman yang mendapat tautan masuk (inbound links) dengan anchor text yang mengandung satu atau lebih kata kunci sasaran.

Ada parameter pencarian lain yang bisa digunakan (seperti allinanchor: atau menggunakan tanda kutip “” yang melingkupi kata kunci untuk targeting yang lebih spesifik) namun 3 parameter yang ditampilkan diatas sudah cukup untuk memberi gambaran persaingan suatu kata kunci.

Berikut ini persaingan ‘wordpress theme designer’ menggunakan parameter diatas:

1) Hasil pencarian untuk allintitle:wordpress theme designer

2) Hasil pencarian untuk intitle:wordpress theme designer

 

3) Hasil pencarian untuk inanchor:wordpress theme designer

 

Untuk memperkirakan persaingan pada kata kunci, idealnya anda butuh hasil pencarian dari 4 jenis pencarian; pencarian dasar, intitle, allintitle, dan inanchor. Untuk kata kunci yang tidak terlalu teroptimasi, anda akan menemukan sangat banyak hasil pencarian untuk pencarian dasar, namun untuk intitle, hasilnya sangat sedikit.

Karena tautan adalah faktor yang sangat penting untuk proses pemeringkatan di mesin pencari, maka parameter inanchor diperlukan juga untuk menentukan tingkat persaingan. Pada contoh pencarian diatas, terlihat bahwa terdapat puluhan juta halaman web  yang mengandung satu atau lebih kata kunci yang digunakan pada frase yang terdapat pada anchor text yang mengarah ke halaman tersebut.

Perbandingan pencarian untuk allinanchor menghasilkan 3,4 juta halaman web, hal ini mengungkapkan bahwa dari sekian banyak halaman web yang menempati posisi puncak hanya sedikit saja yang teroptimasi langsung dengan anchor text “wordpress theme designer”, kebanyakan halaman lainnya yang tampil pada hasil pencarian dasar adalah karena backlink dan optimalisasi on-page yang terkait topik wordpress / wordpress theme.

Setelah membuat daftar dan meninjau ulang gambaran persaingan untuk pencarian dasar (tanpa tanda kutip), intitle, allintitle, dan inanchor, kemudian bisa dibuat peringkat persaingan dengan menggunakan skala berikut:

1 – Sangat Rendah
2 – Rendah
3 – Menengah
4 – Tinggi
5 – Sangat Tinggi

Jadi pada dasarnya anda harus membandingkan gambaran persaingan dengan menggunakan parameter pencarian yang berbeda dan menggunakannya untuk memperkirakan seberapa keras persaingan yang sesungguhnya.

Saya menilai “wordpress theme designer” memiliki persaingan ‘Menengah’ sampai ‘Tinggi’ – kemudian kata kunci yang sangat populer seperti ‘wordpress themes’ memiliki persaingan ‘Tinggi’, dan kata kunci generik seperti ‘wordpress’ memiliki persaingan ‘Sangat Tinggi’ – juga terlalu luas untuk dijadikan sasaran secara efektif.

Mengincar kata kunci yang sangat kompetitif biasanya bukan hal yang bagus, selain sangat sulit dan butuh waktu cukup lama, juga karena cakupannya terlalu luas dan belum tentu cocok dengan niche yang digarap. Pengecualian untuk hal ini adalah kalau anda sudah memiliki situs yang mapan dengan sejarah backlink dan peringkat yang baik di mesin pencari. Bukan untuk situs web yang baru dibuat.

Artikel ini saya akhiri dulu. Estimasi permintaan dan relevansi akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan