Keyword Research dengan Google

Google Adwords Keyword Tool

Tool keyword research ini disediakan Google untuk membantu pengguna Google AdWords dalam mengestimasi volume pencarian kata kunci dan kompetisi iklan untuk kata kunci tersebut. Anda mendapat perspektif umum tentang kata kunci mana yang banyak dicari. Google Adwords Keyword Tooljuga memberi gambaran persaingan pengiklan (advertiser) pada kata kunci terkait. Banyaknya advertiser dapat dianggap sebagai nilai komersial sebuah keyword.

Kalau anda hendak menghasilkan trafik berbayar (PPC – Pay Per Click) ke situs anda, maka Google AdWords Keyword Tool sangat berguna sebagai langkah awal dalam memilih kata kunci untuk kampanye promosi, karena datanya berdasarkan pencarian melalui Google. Dan karena pengguna Google sangat banyak maka anda mendapat kedalaman dan akurasi data yang berkualitas untuk mengembangkan daftar kata kunci.

Google Suggest

Ini mungkin alat bantu keyword research paling sederhana dan paling mudah digunakan. Anda tinggal membuka halaman pencarian Google atau bisa juga menggunakan form pencarian pada peramban internet (biasanya pada pojok kanan atas dan berlogo Google). Kemudian masukkan kata kunci pencarian. Tool ini juga dapat menunjukkan ‘persaingan’, yaitu jumlah halaman yang mengisi indeks Google untuk keyword yang dicari.

Saat anda menambahkan huruf dan kata, saran/suggestion yang ditampilkan akan semakin menyempit, Gunakan ini untuk melihat dengan cepat berbagai ‘istilah’ yang populer pada sebuah niche/subtopik.

Google Suggest dapat dimanfaatkan untuk menilai ‘search demand‘ secara cepat dan  idealnya anda menggunakan tool ini pada awal proses keyword research untuk segera membantu anda menambahkan kata-kata kunci ‘tingkat tinggi’ ke daftar yang dibuat. Walaupun tidak selalu bahwa keyword dengan banyak hasil/result itu banyak dicari, tapi umumnya memang begitu, sehingga secara alami/organik bermunculanlah halaman yang mengandung keyword tersebut.

Kesimpulan

Manfaatkan kedua alat bantu riset kata kunci ini untuk mengembangkan list keywordGoogle Adwords Keyword Tool lebih spesifik untuk mengevaluasi nilai komersial kata kunci, sedangkan Google Suggestuntuk mengevaluasi ‘kompetisi’ organik yang akan anda hadapi.

Update: Google Suggest tidak lagi menampilkan ‘results’ atau jumlah halaman yang ditemukan pada indeks untuk suatu kata kunci. Berikut ini informasi tentang menghilangnya results pada Google Suggest. Sayang sekali. Meski demikian, alat bantu ini masih berguna untuk menambahkan kata kunci populer yang terkait sebuah keyword dan memfokuskan koleksi kata kunci yang harus anda kuasai pada sektor industri anda.

Tinggalkan Balasan