Manajemen Reputasi – Cara Mengatasi ‘Bad Press’

reputation-first-aidSebaik apapun perusahaan yang anda miliki, sebagian orang akan menulis sesuatu yang negatif tentangnya, bahkan kalau anda sudah melakukan yang terbaik, tidak semua orang akan senang.
Ada saja kustomer yang menulis komentar negatif di blog, atau kompetitor yang dengan senang hati ingin merusak reputasi anda dengan menciptakan komentar palsu.

Apa saja yang bisa anda lakukan kalau halaman web bernada negatif tentang perusahaan atau bahkan nama anda muncul di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) Google?

1. Perbaiki masalahnya

Kalau orang mulai menulis sesuatu yang buruk tentang anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyelesaikan akar perkara yang menjadi penyebab munculnya komentar negatif tersebut.

2. Tidak ada salahnya meminta

Kirim email yang sopan kepada webmaster situs yang menampilkan review negatif tersebut dan mintalah dengan rendah hati untuk menghapusnya. Banyak webmaster yang dengan senang hati bekerja sama kalau anda menjelaskan duduk persoalannya.

3. Dukung situs yang menampilkan hal positif

Kalau webmaster situs yang menampilkan komentar negatif tidak mau bekerja sama, cari situs yang memuat review positif tentang situs anda.

Taut halaman web ini dari situs anda untuk meningkatkan link popularity-nya. Semakin banyak tautan/link yang didapat halaman ini, semakin tinggi posisinya di halaman SERP mesin pencari.

Bookmark-lah halaman-halaman web bernada positif tentang situs anda pada situs-situs social bookmark seperti Digg dan Delicious.

4. Minta testimoni dari ‘happy customer’

Kalau anda menerima feedback positif dari kustomer, mintalah mereka untuk menulis review di situs seperti ConsumerReview.com, Epinions.com atau yang sejenis.

5. Tambahkan situs anda ke halaman wiki

Situs seperti AboutUs.org memungkinkan anda membuat sebuah artikel tentang perusahaan anda. Kalau perusahaan tersebut memang cukup besar dan signifikan dikenal orang, anda bahkan bisa membuat entri di Wikipedia.

Halaman-halaman wiki ini biasanya memiliki posisi tinggi di hasil pencarian saat orang mencari tahu tentang nama perusahaan anda.

6. Pastikan bahwa situs anda sendiri berada di puncak halaman pencarian.

Kalau situs anda ditampilkan paling atas pada halaman pencarian tentang perusahaan anda, maka kebanyakan orang akan meng-klik-nya dan tidak melihat yang lainnya.

Menghilangkan komentar negatif dari mesin pencari memang butuh waktu dan upaya. Upaya terbaik adalah menghindari kemunculannya dengan memberikan produk berkualitas dan customer experience/support yang baik.

Tinggalkan Balasan