Pentingkah Faktor Kecepatan Loading Situs?

Matt Cutts baru-baru ini menyatakan bahwa kecepatan loading halaman web/situs akan mendapat perhatian lebih dalam algoritma Google yang baru. Nampaknya Google akan memfokuskan diri pada situs-situs yang cepat untuk meningkatkan kepuasan searching para pencari.

Bagaimana cara membuat situs anda tampil lebih cepat?

Tentu langkah pertama adalah memilih web hosting dengan koneksi yang bagus dan cepat. Server hosting anda harus mudah dijangkau oleh mesin pencari (Google) dan tidak ada down time.

Mau protes? Tahan dulu.

Selain itu, ada hal-hal yang bisa anda lakukan untuk membuat kecepatan loading situs anda semakin cepat:

  • Gabungkan file-file JavaScript eksternal dalam satu file. Makin sedikit file yang diminta server, semakin cepat situs anda.
  • Lakukan kompresi pada file JavaScript untuk membuat ukurannya kecil.
  • Gabungkan file-file CSS eksternal dalam satu file dan kompres file tersebut.
  • Kalau server hosting anda mendukung, aktifkan kompresi gZip (atau minta perusahaan hosting anda untuk melakukannya).
  • Gunakan gambar sesedikit mungkin dan gunakan format gambar terkompresi. Banyak tool grafik yang memungkinkan anda memilih tingkat kompresi saat men-save.
  • Tempatkan kode tracking dan snippet JavaScript pada bagian akhir halaman web.

Apakah langkah Google ini tepat?

Mungkin bagi pencari ini bisa terasa lebih baik, tapi selain kecepatan, yang penting bagi pencari adalah ketepatan hasil pencarian dengan apa yang dicari. Selain itu ada masalah bila faktor kecepatan loading situs ini diperhitungkan dengan bobot besar pada algoritma pencarian, terutama untuk bisnis kecil:

  • Pebisnis akan berlomba mencari web hosting yang cepat (dan kemungkinan besar mahal) kalau ingin halaman situs mereka menempati posisi puncak untuk kata kunci yang sangat kompetitif. Mungkin ini kabar bagus untuk pengusaha hosting.
  • Pebisnis low-income atau berasal dari negara dengan koneksi internet yang loyo akan semakin sulit bersaing dengan perusahaan bermodal besar.
  • Situs-situs besar dan mapan akan semakin kaya, sedangkan situs kecil akan semakin menciut dan susah kaya.

Namun kabar penilaian faktor kecepatan loading situs pada algoritma Google ini masih belum jelas, jadi poin-poin di atas masih bersifat spekulatif. Dan rasanya Google tidak sebodoh itu untuk memberikan bobot besar pada aspek loading time ini. Diperhitungkan boleh saja, tapi kalau jadi faktor pertimbangan utama tanpa pertimbangan lain sepertinya terlalu naif.

Meski begitu, tidak ada salahnya meng-optimalkan loading time situs anda, tidak penting sebesar apa dampaknya pada posisi SEO. Makin cepat halaman-halaman situs anda termuat pada peramban internet, makin banyak mata yang bisa melihatnya.

Penjelajah internet bukan orang sabar. Kebanyakan ingin hasil yang tampak segera pada layar komputer. Karena itu, situs anda harus tampil secepat yang bisa diusahakan dan jangan lupa tata konten-nya sedemikian rupa agar mudah dibaca.

Tinggalkan Balasan