Titik Pada Username Gmail

gmailKalau anda calon pengguna Gmail berhati-hatilah apabila hendak membuat account baru. Apabila username ternyata sudah ada yang menggunakan maka sangat disarankan untuk tidak membuat username yang sama dengan menggunakan titik/dot. Misal: [email protected] sudah ada yang pakai maka jangan membuat account baru seperti [email protected]. Lebih baik membuat username yang berbeda sama sekali dan tidak ada yang pakai.

Karena ternyata pesan yang dikirim ke email dengan titik, terkirim ke email tanpa titik.

Ini mungkin masalah yang sudah terjadi sejak lama, dan seingat saya ini sudah terjadi beberapa kali pada saya sejak beberapa tahun lalu walaupun semuanya spam, tapi kejadian terakhir yang saya alami dan bukan spam membuat saya merasa harus menulis artikel ini.

Jadi beberapa hari yang lalu seseorang me-register email baru di Gmail dengan menggunakan username yang serupa dengan alamat email saya yang sudah lama dibuat. Entah sengaja atau tidak. Kemudian yang bersangkutan membuat account Twitter dengan email tersebut. Dan seperti yang bisa anda duga, email registrasi dari Twitter terkirim ke email saya yang tidak menggunakan titik.

Apakah email yang dikirim hanya disampaikan ke alamat serupa yang dibuat paling awal, atau dikirim ke semua email address “serupa tapi tak sama”? Ini juga belum jelas. Jadi saya tidak tahu apakah ybs menerima email yang seharusnya dia terima dari Twitter atau cuma saya saja yang nerima.

Sepertinya bila skenario terakhir yang terjadi maka ini membuka celah besar untuk dieksploitasi dan disalahgunakan karena kalau anda mau tahu email yang dikirim ke seseorang maka anda tinggal membuat account Gmail baru dengan username yang serupa dengan menambahkan titik pada bagian manapun pada username (ini bukan rekomendasi), dan dari pengalaman saya ternyata Google mengizinkannya, walaupun menurut artikel ini seharusnya tidak bisa.

Sedangkan bila skenario pertama yang terjadi, maka pembuat email berikutnya (dengan titik pada username) dirugikan karena email untuknya tidak akan pernah diterima, dan berbahaya bila email tersebut sensitif karena orang lain yang akan menerimanya. Google mestinya tidak bodoh atau ceroboh untuk membiarkan masalah besar seperti ini.

Terakhir, saya juga belum tahu apakah masalah ini terjadi juga di penyedia email lainnya seperti Yahoo, Hotmail, dll.

Ada yang tahu dan mau memberi tahu? Silakan share di komentar, dan yang berniat buat mencoba saya cuma bisa menyarankan agar tidak melakukannya dengan menduplikasi email orang lain. Gunakan saja email anda sendiri.

Tinggalkan Balasan