7 Tips: Bocoran Buku Panduan Penilai Kualitas Google

Bulan Oktober lalu Google membocorkan buku panduan terkini untuk penilai kualitas (quality rater). Buku panduan ini kira-kira berisi informasi tentang bagaimana Google menilai kualitas sebuah website. Apakah situs web Anda cukup baik menurut standar Google?

Apa itu buku panduan penilai kualitas?

google-quality-guidelines

Sebagaimana diketahui bahwa Google mempekerjakan para penilai kualitas. Mereka adalah orang-orang yang memeriksa hasil pencarian Google secara manual untuk memastikan bahwa algoritma ranking bekerja sesuai harapan. Lanjutkan membaca “7 Tips: Bocoran Buku Panduan Penilai Kualitas Google”

Update PageRank – Matinya Bisnis Jual Beli Link?

Cukup lama saya tidak mem-posting tulisan baru. Alasannya selalu sama; busy… busy… busy… alias sibuk! Kebetulan Minggu malam ini tidak seperti biasanya saya kehabisan ide :D dan timbul keinginan untuk update blog ini.

Kejadian paling menarik di dunia SEO ala Google akhir-akhir ini (setelah ramainya update Panda) adalah update PageRank (PR). Ya, tentu saja ini menarik bagi para webmaster yang juga sedikit banyak mendalami SEO karena walaupun PR sebetulnya tidak secara langsung mempengaruhi posisi pada SERP tapi masih banyak yang bangga bila situs atau blognya ber-PR, apalagi bila mendapat peningkatan. Lanjutkan membaca “Update PageRank – Matinya Bisnis Jual Beli Link?”

Evaluasi Kata Kunci (2) – Memperkirakan Demand dan Relevansi

Kita lanjutkan topik belajar SEO kali ini, masih tentang evaluasi kata kunci. Kalau sebelumnya kita mengevaluasi kata kunci berdasarkan persaingan/kompetisi, maka kali ini kita mengevaluasi nilai sebuah kata kunci berdasarkan permintaan dan relevansinya.

Estimasi Permintaan (Demand)

Walaupun ada beberapa cara untuk memperkirakan permintaan, masalah utamanya adalah ketidaktersediaan data yang akurat. Semua mesin pencari nampaknya tidak terlalu terbuka dalam menyediakan data ini. Jadi kita mengandalkan alat bantu keyword research seperti Market Samurai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas.

Cara paling gampang yang saya gunakan adalah menggunakan Market Samurai dan melihat kolom ‘Searches’ untuk mendapat estimasi kasar tentang pencarian yang dilakukan di Google untuk kata kunci tertentu dalam satu hari (data ini diekstraksi dari data pencarian bulanan yang disediakan oleh Google).

market-samurai-pencarian-harian
Data pencarian kata kunci tertentu yang dilakukan di Google dengan menggunakan Market Samurai

Sekali lagi ingat, bahwa data popularitas pencarian atau demand ini hanya perkiraan saja, bukan angka pasti dan bisa berubah setiap bulannya serta tidak bisa dipastikan akurasinya. Memang bukan cara yang sempurna (seandainya ada), tapi data ini cukup memadai untuk kebutuhan kita.

Estimasi Relevansi

Saya pernah menulis tentang menentukan tujuan dan kegunaan situs yang dibuat. Dalam analisis kata kunci, anda harus membandingkan setiap kata kunci yang terpilih dan memutuskan apakah kata kunci tersebut relevan dengan tujuan dan kegunaan situs web anda.

Kenapa harus menilai relevansi?

Untuk menetapkan hubungan langsung antara apa yang dicari pengguna dengan apa yang disediakan oleh situs web. Kalau anda mengincar kata kunci yang salah dan pencari tentang “home theater systems” datang ke situs anda yang berisi tentang “contemporary theater”, ini menjadi masalah.

Bukan saja anda sudah mengeluarkan waktu dan energi (dan mungkin uang) dalam rangka agar situs/halaman web anda mendapat posisi di mesin pencari untuk istilah tidak sesuai dengan materi situs, juga traffic kunjungan yang didapat tidak akan ter-konversi menjadi pelanggan karena kurangnya relevansi antara konten situs dengan kata kunci yang digunakan untuk mencari oleh user.

Relevansi sama pentingnya dengan mengetahui tingkat popularitas pencarian dan persaingan untuk sebuah kata kunci.

Dengan skala 5 tingkat yang kita gunakan pada artikel sebelumnya, kita bisa menilai relevansi sebuah kata kunci dengan tujuan dan manfaat situs kita.

Kita gunakan lagi contoh WordPress, misalkan kata kunci “wordpress theme designer” memiliki peringkat 5 – sangat tinggi – pada skala relevansi. Terbalik dengan keyword “wordpress forums” dengan peringkat 1 – tidak relevan dengan apa yang ditawarkan situs web kita dan akan menghasilkan audien yang tidak tepat.

Seiring waktu, nama anda (atau nama perusahaan/website anda) juga bisa dianggap sebagai kata kunci dengan rating 5 – dengan semakin populernya situs web anda, akan semakin banyak orang yang mengetikkan nama anda di mesin pencari. Hal yang sama juga berlaku untuk produk apapun yang dipromosikan.

Evaluasi Kata Kunci

Setelah anda memiliki daftar kata kunci yang terkait dengan niche dan kebiasaan pencarian audien, langkah selanjutnya adalah menemukan kata kunci mana saja yang paling bernilai dari daftar tersebut.

Tidak ada cara yang benar-benar pasti untuk mengevaluasi nilai suatu kata kunci, meski demikian metode/kriteria yang dipaparkan berikut ini bisa digunakan untuk niche atau audien manapun, sekaligus memberi ruang untuk kustomisasi seandainya ada faktor-faktor pembatas lain yang tidak disebutkan di sini.

Ada 3 faktor utama yang bisa digunakan untuk menilai kata kunci: Lanjutkan membaca “Evaluasi Kata Kunci”

Manajemen Reputasi – Cara Mengatasi ‘Bad Press’

reputation-first-aidSebaik apapun perusahaan yang anda miliki, sebagian orang akan menulis sesuatu yang negatif tentangnya, bahkan kalau anda sudah melakukan yang terbaik, tidak semua orang akan senang.
Ada saja kustomer yang menulis komentar negatif di blog, atau kompetitor yang dengan senang hati ingin merusak reputasi anda dengan menciptakan komentar palsu.

Apa saja yang bisa anda lakukan kalau halaman web bernada negatif tentang perusahaan atau bahkan nama anda muncul di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) Google? Lanjutkan membaca “Manajemen Reputasi – Cara Mengatasi ‘Bad Press’”

4 Alasan Kenapa Google Mengabaikan Anchor Text Pada Tautan (Link)

Anchor text, atau teks yang terdapat pada tautan yang mengarah ke website anda memiliki efek besar terhadap posisi situs anda di halaman hasil pencarian (SERP) Google.

Misalkan banyak situs lain yang menggunakan anchor text “buy blue band” untuk menaut ke situs anda, maka besar kemungkinannya halaman anda yang ditaut tersebut mendapat posisi tinggi untuk frase “buy blue band” pada SERP Google.

Contoh kode HTML sebuah anchor text:

<a href=”http://www.myyoursite.com”>this is the anchor text</a>

Sayangnya tidak semua anchor text akan dinilai oleh Google. Perhatikan hal-hal berikut: Lanjutkan membaca “4 Alasan Kenapa Google Mengabaikan Anchor Text Pada Tautan (Link)”

8 Cara Menampilkan Halaman Terpenting (Untuk SE)

checkmark-forbiddenBerikut ini cara-cara untuk menampilkan halaman web terbaik anda di search engine (SE) dan sekaligus menyembunyikan/menghilangkan halaman yang tidak diperlukan/diinginkan.

Tergantung pada bagaimana struktur link situs anda, suatu halaman biasanya mendapat ranking lebih tinggi daripada yang lainnya. Delapan cara ini berguna untuk menunjukkan halaman-halaman terpenting dari situs anda kepada mesin pencari:

1. Buat halaman-halaman tersebut mudah ditemukan

Pastikan halaman-halaman penting dari situs anda dapat diakses dengan klik sesedikit mungkin dari halaman depan (homepage). Semakin sedikit “langkah” yang dibutuhkan untuk mencapainya, semakin penting halaman tersebut. Untuk situs dengan jenis blog yang sering di-update, biasanya semakin tua sebuah artikel/halaman semakin jauh langkahnya dari halaman muka. Lanjutkan membaca “8 Cara Menampilkan Halaman Terpenting (Untuk SE)”

SEO: Sudahkah Anda Lakukan Dengan Benar?

SEO bukan hal yang sulit tapi harus dilakukan secara benar dalam urutan yang benar juga. Salah satunya tidak benar maka upaya SEO akan sia-sia.

piramida-seo

1. Keywords

Keywords atau kata kunci yang anda pilih adalah fondasi aktivitas SEO anda selanjutnya dan sangat mempengaruhi kesuksesan proyek SEO anda. Menyasar kata kunci yang salah, maka semua upaya anda akan percuma. Lanjutkan membaca “SEO: Sudahkah Anda Lakukan Dengan Benar?”

(Bukan Cuma) Riset Keyword dengan Market Samurai

market-samurai-menuAlat bantu riset keyword (keyword research) favorit saya adalah Market Samurai(MS), sudah cukup lama saya menggunakan alat bantu yang satu ini. Hampir sejak pertama dirilis. Tujuan utama Market Samurai adalah upayanya dalam men-streamline-kan proses kerja internet marketer.

Dengan tool ini bila anda berkutat dengan SEO dan niche marketing maka cukup dengan menggunakan satu software saja. Tidak usah lagi membuka banyak windowdan program lainnya untuk proses (1) keyword research, (2) analisis kompetisi, (3) menemukan konten dan (4) tracking/monitoring.

Memang masih banyak fitur lain yang didukung aplikasi luar biasa ini. Namun proses dasar SEO adalah empat langkah tersebut, dan semuanya ter-cover oleh Market Samurai ini dengan baik. Lanjutkan membaca “(Bukan Cuma) Riset Keyword dengan Market Samurai”

Latent Semantic Indexing (LSI) – Apa dan Bagaimana?

Latent Semantic Indexing (LSI) adalah algoritma yang dikembangkan mesin-mesin pencari utama sekarang ini. Apakah situs anda sudah siap menghadapinya? Bagaimana pengaruhnya terhadap posisi halaman web anda di SERP?

Apa itu latent semantic indexing?

LSI berarti bahwa mesin telusur internet mencoba mengaitkan sebuah istilah dengan suatu konsep saat mengindeks halaman situs. Misal, Paris dan Hilton dihubungkan dengan nama seorang perempuan, alih-alih nama kota atau hotel, Tiger dan Woods diasosiasikan dengan golf.

Untuk mengetahui keyword lain yang terkait dengan sebuah kata kunci, lakukan pencarian untuk kata kunci tersebut dengan menambahkan tilde (~) di depan kata kunci tersebut. Google akan menebalkan (bold) keyword terkait pada SERP. Contohnya, Google menemukan bahwa kata “Nokia” terkait dengan “phone“.

Teknik yang digunakan webmaster untuk menghadapi LSI biasa disebut metode siloing. Lanjutkan membaca “Latent Semantic Indexing (LSI) – Apa dan Bagaimana?”