Bagaimana Cara Optimalisasi Geo Targeting SEO?

Ada dua strategi geo targeting utama dalam SEO yang bisa dipilih:

Menyasar wilayah geografis tertentu (strategi geografis):

  1. Buat subdomain atau subdirektori dalam bahasa ibu (native language) yang menjadi target geografis (Bahasa Jerman kalau anda mengincar pengunjung dari Jerman) dan fokuskan target geografis pada Webmaster Central
  2. Tempatkan konten subdomain pada server hosting di lokasi yang jadi sasaran
  3. Bangun backlink dari TLD serupa

Menyasar bahasa tertentu (strategi bahasa): Lanjutkan membaca “Bagaimana Cara Optimalisasi Geo Targeting SEO?”

Google Geotargeting

Cara kerja mesin telusur internet (search engine) dan hasil yang ditampilkannya selalu berubah dengan cepat. Semakin matangnya algoritma pencarian membuat anda sebagai SEOer perlu mengupayakan teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization) terkini. Local search, advanced search, regional search, dan language-based search adalah beberapa filter yang bisa digunakan pencari sebagai ‘bahan pertimbangan’ mesin pencari dalam menentukan situs siapa yang tampil, kapan dan dimana akan ditampilkan.

Judulnya memang Google Geotargeting, tapi prinsipnya berlaku juga pada mesin pencari besar lain seperti Bing dan Yahoo, walaupun geotargeting di kedua mesin pencari yang disebut terakhir ini relatif lebih sederhana daripada Google. Lanjutkan membaca “Google Geotargeting”

Algoritma Penilaian Google Terkini

Berikut ini intisari wawancara Matt Cutts dengan StoneTemple Consulting minggu lalu tentang algoritma penilaian ranking terkini di Google.

1. PageRank dan halaman terindeks

Matt Cutts menyatakan bahwa jumlah halaman situs web yang diindeks oleh Google kira-kira setara dengan PageRank situs web tersebut. PageRank dipengaruhi kualitas dan kuantitas/jumlah tautan. Artinya, halaman-halaman pada situs anda akan banyak terindeks jika memiliki banyak inbound linkberkualitas.

Kalau anda punya situs dengan konten/URL internal yang sangat banyak, maka tingkatkan PageRank situs agar Google mau “membaca” semua konten itu.

Untuk diingat/diketahui, bahwa Google menggunakan PageRank realtime dalam algoritma penilaian, bukan PageRank yang ditampilkan pada Google toolbar (atau tool lainnya). Lanjutkan membaca “Algoritma Penilaian Google Terkini”

Keyword Tools: WordTracker dan Keyword Discovery

WordTracker

WordTracker menawarkan tools yang cukup lengkap untuk menghasilkan list kata kunci (keyword) dan juga unggul untuk membandingkan popularitas kata kunci vs kompetisi (jumlah halaman yang harus “dilewati” untuk sebuah keyword).

Nilai popularitas pencarian yang dihasilkan WordTracker agak kurang berguna pada skala ‘absolut’, karena sumber datanya sangat terbatas. Namun anda bisa menggunakan WordTracker untuk melihat popularitas ‘relatif’. Lanjutkan membaca “Keyword Tools: WordTracker dan Keyword Discovery”

Keyword Research dengan Google

Google Adwords Keyword Tool

Tool keyword research ini disediakan Google untuk membantu pengguna Google AdWords dalam mengestimasi volume pencarian kata kunci dan kompetisi iklan untuk kata kunci tersebut. Anda mendapat perspektif umum tentang kata kunci mana yang banyak dicari. Google Adwords Keyword Tooljuga memberi gambaran persaingan pengiklan (advertiser) pada kata kunci terkait. Banyaknya advertiser dapat dianggap sebagai nilai komersial sebuah keyword. Lanjutkan membaca “Keyword Research dengan Google”

Alat Bantu Riset Kata Kunci

Ada beberapa alat bantu riset kata kunci (keyword research tools) baik gratis maupun berbayar yang tersedia di internet untuk membantu anda mengembangkan daftar kata kunci sekaligus memperoleh data pencarian tentang kata-kata kunci tersebut.

Anda bisa menggunakan tools ini sebagai tambahan (atau bahkan menggantikan) proses keyword research yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Idealnya anda kombinasikan kedua teknik riset kata kunci ini; alat bantu riset sebagai pembangkit ide untuk mendapat gambaran umum, kemudian teknik keyword research manual untuk kustomisasi daftar keyword yang lebih cocok dengan target audience anda. Lanjutkan membaca “Alat Bantu Riset Kata Kunci”

Perlukah Anda Mengetahui Black-Hat SEO?

Pertanyaan ini adalah karena awalnya saya ingin mempromosikan “white hat SEO“, tapi sebetulnya kita bisa belajar dari apapun, termasuk dari hal yang kita anggap negatif.

Dari pengalaman pribadi, pembelajaran melalui cara tidak benar termasuk salah satu cara belajar terbaik dan tercepat. Saya mengalami sendiri bahwa pengalaman ber-black hat membawa pemahaman ke tingkatan yang lebih tinggi, dan semakin menghargai kerja keras dan cara ‘benar’. Entah karena nature dunia SEO atau mungkin ‘it’s just me‘.

Tentu ada sisi negatif/resikonya (tidak ada yang tidak beresiko); Lanjutkan membaca “Perlukah Anda Mengetahui Black-Hat SEO?”

Riset Kata Kunci (Keyword Research)

Riset keyword masih memegang peranan penting walaupun peta dan strategi SEO sudah banyak berubah (dari optimalisasi on-page menjadi link building dan sekarang ini social marketing). Sejak awal, Panduan SEO ini hanya membahas analisis topik dan bagaimana melakukan optimalisasi pada subtopik tertentu.

Masalahnya, cara berpikir casual searcher seringkali tidak sesuai dengan optimalisasi yang kita lakukan, mereka menggunakan pencarian sederhana yang kadang sulit dipahami atau tidak tepat (misal; “mesin pencari selain mozilla”) atau malah memasukkan setumpuk kata (misal; “cara penggunaan dan teknologi dari website-website pencari (search engine)” – long tail anyone?). Lanjutkan membaca “Riset Kata Kunci (Keyword Research)”

Apakah Situs Web Anda Termasuk Spam?

“Apa yang dimaksud webspam? Apa itu black/white hat SEO? Bagaimana mesin pencari mendeteksi web spam? Kenapa ethical SEOGrey hat SEO?”

Bing merilis artikel pada blognya tentang web spam. Menurut definisi Bing, web spam adalah

unwanted web content that uses overtly manipulative techniques in an effort to fraudulently attain undeservingly high ranking in search engines.

Kenapa web spam jadi masalah?

Lanjutkan membaca “Apakah Situs Web Anda Termasuk Spam?”

Apa Tujuan Situs (Website) Anda?

Pada artikel seri Panduan SEO kali ini akan dibahas tentang tujuan – atau tepatnya adalah kegunaan – dari situs anda. Untuk siapa? Pada gilirannya adalah untuk anda, tapi sebelum anda ‘mendapat’ giliran anda harus ‘memberi’ dulu. Jadi tujuan atau kegunaan situs ini pada awalnya adalah untuk user/audien.

  • Bagaimana situs anda memecahkan masalah utama para target audien-nya?
  • Informasi apa yang disajikan untuk pengguna?
  • Tindakan pengguna apa yang anda inginkan pada tiap halaman yang disajikan, dan bagaimana tindakan ini terkait dengan tujuan utama anda?

Mungkin sekarang anda berpikir; itu bukan SEO! Lanjutkan membaca “Apa Tujuan Situs (Website) Anda?”