Strategi Diversifikasi Dalam SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses untuk mengarahkan trafik pengunjung dari mesin pencari ke sebuah website. Proses ini tidak mungkin dimengerti kalau belum paham bagaimana cara kerja mesin pencari. Secara khusus, sebelum belajar SEO, kita harus mengerti dulu:

  • Bagaimana mesin pencari membaca (meng-indeks) website
  • Bagaimana mesin pencari memberi peringkat/ranking
  • Kenapa mesin pencari mengubah algoritma pencarian
  • Bagaimana (dan kapan) mesin pencari mengubah algoritma

Poin 1 dan 2 relatif mudah dipahami (poin 2 adalah alasan kenapa industri SEO berkembang). Ada banyak informasi salah, tapi selama anda punya sumber yang tepat, mempraktekkan sendiri dan belajar menyaring yang perlu dan tidak, anda akan punya gambaran tentang bagaimana mesin pencari memberi peringkat.

Poin 3 dan 4 memberi banyak kesulitan bagi SEO, terutama karena: Lanjutkan membaca “Strategi Diversifikasi Dalam SEO”

SEO: Pentingnya Sistem dan Prioritas

Memiliki sebuah ‘sistem‘ untuk mencapai tujuan adalah langkah berikutnya untuk seseorang yang harus menyelesaikan suatu jenis proyek lebih dari satu kali. Contoh; web desainer yang harus menyelesaikan 10-20 situs setiap tahun punya sistem, programer yang bekerja pada proyek besar, patuh pada ‘sistem‘ kerja mereka, dll.

Kalau anda belum punya sistem, sekarang saatnya memikirkan SEO sebagai sebuah sistem aktivitas dan proses yang efektif untuk menghasilkan trafik terarah (targeted traffic) bagi website anda dari mesin pencari.

Suatu sistem disebut efektif jika sistem tersebut dapat membantu anda memenuhi target setiap saat anda menjalani proyek yang serupa (bukan sama – karena tidak pernah ada proyek yang sama). Lanjutkan membaca “SEO: Pentingnya Sistem dan Prioritas”

Pola Pikir SEO

Search Engine Optimization bukanlah program ‘cepat kaya’, juga bukan aktivitas jangka pendek yang hanya memberi hasil sementara dengan resiko di-blacklist oleh mesin pencari.

Artikel yang merupakan bagian dari seri belajar SEO ini tidak membahas etika ber-SEO, menurut saya (silakan saja berpikir lain) mesin pencari menyediakan layanan, adapun panduan dan kebijakan yang mereka keluarkan bukanlah ‘hukum’ atau peraturan, tapi sekedar pernyataan umum (general statement). Lanjutkan membaca “Pola Pikir SEO”

Contoh Kustomisasi Strategi SEO

Setiap website punya tujuan yang berbeda, tujuan ini yang akan menentukan jenis keyword apa yang ingin disasar, bagaimana komposisi audien-nya, seberapa ganas persaingannya, seberapa kuat modal dan waktu yang mampu anda keluarkan.

Seperti yang sudah saya janjikan disini, pada artikel ini akan saya tampilkan contoh untuk meng-kustomisasi strategi SEO pada dua jenis proyek yang berbeda: Lanjutkan membaca “Contoh Kustomisasi Strategi SEO”

Google Caffeine: Pengaruhnya Terhadap Ranking

Google Caffeine adalah nama algoritma Google yang baru dan akan segera online setelah libur akhir tahun ini. Kelihatannya Google Caffeine ini lebih dari sekedar update biasa dari Google.

Kemungkinan besar “candu” ini bersifat major upgrade dari sistem perhitungan yang Google gunakan untuk memberi peringkat/ranking pada sebuah halaman situs.

Apa saja yang berubah?

Lanjutkan membaca “Google Caffeine: Pengaruhnya Terhadap Ranking”

Sesuaikan Strategi SEO

Memahami Cara Kerja Mesin Pencari

Logis saja kalau anda ingin menempati posisi #1 untuk kata kunci yang dipilih, konsekuensinya anda harus memahami bagaimana cara kerja mesin pencari. Artinya, anda tidak hanya harus tahu faktor apa saja yang digunakan search engine untuk memberi peringkat pada sebuah website, anda juga harus tahu bagaimana mesin pencari membaca halaman situs dan menyusun indeks (topik ini akan saya bahas nanti).

Dalam beberapa tahun terakhir ini mesin pencari sudah banyak mengalami perubahan, dan masih terus memperbarui algoritmanya secara berkala. Jadi pada saat mempelajari bagaimana cara kerja mesin pencari, harus dipahami hal-hal berikut: Lanjutkan membaca “Sesuaikan Strategi SEO”

Link Building – Boleh dan Tidak

Bing akhir-akhir ini mempublikasikan dokumen terbaru tentang link building.

Walaupun fokusnya adalah pada bagaimana Bing menangani inbound links, sebagian besar dokumen itu juga berlaku di Google, Yahoo dan mesin pencari lainnya.

Artikel ini menyarikan poin-poin penting dari dokumen tersebut.

Pentingnya link building

Para insinyur Bing tahu pentingnya link building, maka mereka mendeskripsikannya sebagai berikut: Lanjutkan membaca “Link Building – Boleh dan Tidak”